Hubungan Waiting Time Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Keperawatan: Studi Tradisional Review

Authors

  • Cheristina Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada Author
  • Santi Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada Author

Keywords:

Waiting Time, kepuasan pasien

Abstract

Waiting Time yang lama beresiko menurunkan kepuasan pasien dan mutu pelayanan. Lama waktu tunggu pasien mencerminkan bagaimana rumah sakit mengelola komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan waiting time dengan kepuasan pasien  pada pelayanan keperawatan. Metode penelitian studi literatur yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu studi tradisional review.Jurnal yang dijadikan sebagai literatur dalam penelitian ini sebanyak 12 jurnal. Analisa data yang dilakukan menggunakan metode penelitian tradisional review pada penelitian ini, yaitu menggunakan analisis PICOS (PatientInterventionComparisonOutcomesSource). Hasil penelitian studi literature tradisional review dari beberapa jurnal diperoleh hasil, yaitu penelitian yang dilakukan oleh Yeni Kristiani menunjukkan bahwa ada hubungan antara waktu tunggu (waiting time) dengan kepuasan pasien. Penelitian Siti Maghfirohmenunjukkan bahwa ada hubungan antara waktu tunggu (waiting time) dengan kepuasan pasien.Penelitian Endang Ernawati menunjukkan bahwa ada hubungan antara waktu tunggu (waiting time) dengan kepuasan pasien. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan, yaitu adahubungan waiting time dengan kepuasan pasien  pada pelayanan keperawatan.

Downloads

Published

2025-06-06