HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DENGAN KEPUASAN MAHASISWA REGULER SEMESTER IV PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN STIKES KURNIA JAYA PERSADA PALOPO TAHUN 2017

Authors

  • Grace Tedy Tulak STIKes Kurnia Jaya Persada Author

Keywords:

Kualitas Pelayanan Akademik, Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Kualitas  pelayanan  akademik  yang dapat  memenuhi  keinginan  dan  harapan mahasiswa berdasarkan kinerja pelayanan sebagai  wujud  kepuasan  mahasiswa. Kepuasan  mahasiswa  adalah  sikap  positif  mahasiswa  terhadap pelayanan  lembaga  pendidikan tinggi  karena adanya  kesesuaian  antara harapan  dari  pelayanan  dibandingkan  dengan  kenyataan  yang diterimanya.

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis Hubungan Kualitas Pelayanan Akademik dengan Kepuasan Mahasiswa Reguler Semester IV Program Studi S1 Keperawatan Stikes Kurnia Jaya Persada Palopo Tahun 2017. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Desain penelitian yaitu Cross Sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling.

Hasil penelitian didapatkan bahwa mahasiswa yang  menilai kualitas pelayanan baik dengan respon puas sebanyak 12 orang (30,0%) dan yang tidak puas sebanyak 6 orang (15,0%), sedangkan yang menilai kualitas pelayanan kurang baik dengan respon puas  sebanyak 1 orang (2,5%) dan yang tidak puas sebanyak 21 orang (67,5%).

Hasil analisis dengan menggunakan uji statistik Chi-Square, diperoleh p = 0,000 (p < a 0,05), maka hipotesis yang diajukan adalah ??ada hubungan kualitas pelayanan akademik dengan kepuasan mahasiswa reguler semester iv program studi S1 keperawatan stikes kurnia jaya persada palopo tahun 2017” terbukti secara statistik dapat diterima.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya ilmu pengetahuan peneliti tentang kualitas pelayanan akademik, Ditingkatkannya pemahaman mahasiswa (i) tentang kualitas pelayanan akademik di institusi pendidikan, Diharapkan kualitas pelayanan akademik yang baik bagi pihak akademik sehingga terwujudnya kepuasan mahasiswa dan Penelitian ini sebagai langkah awal untuk meneliti lebih lanjut tentang kualitas pelayanan akademik dan beberapa faktor di dalamnya seperti: keinginan dan harapan mahasiswa.

Downloads

Published

2023-10-30