MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MTs NEGERI MODEL PALOPO
Keywords:
Manajemen, Pengembangan Profesionalisme, GuruAbstract
Upaya peningkatan kualitas pendidikan dari tahun ke tahun selalu menjadi program pemerintah. Kualitas pendidikan ditentukan oleh penyempurnaan integral dari seluruh komponen pendidikan seperti kualitas guru, penyebaran guru yang merata, kurikulum, sarana dan prasarana yang memadai, suasanan proses belajar mengajar yang kondusif.
Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk menganalisis proses manajemen dan strategi dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTs Negeri Model Palopo, 2). Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme guru di MTs Negeri Model Palopo berjalan dengan baik, hal ini diindikasikan dengan aktifnya guru dalam mengikuti berbagai pelatihan, seminar, workshop, MGMP. Hal tersebut dapat terlaksana dengan baik karena kepala sekolah sebagai pemimpin mampu mengelolah dan merencanakan program, membentuk karakter professional guru serta kedisiplinan dalam proses belajar mengajar, sekaligus memberikan pembinaan kepada guru secara berkesinambungan walaupun dalam perkembangnnya masih ada kekurangan misalnya dalam hal pendanaan terkait, masih ada sebagian guru yang tidak disiplin(terlambat masuk ke kelas) dengan perencanaan program pelatihan pengembangan profesionalisme guru itu sendiri. Implikasi dari penelitian ini terciptanya profesionalisme guru di MTs Negeri Model Palopo dalam hal perencanaan dan pengendalian mutu pembelajaran serta terlaksananya pembinaan profesionalisme guru dengan baik dengan cara ikut serta dalam berbagai bentuk pelatihan, workshop, seminar serta pengawasan sekolah yang berkelanjutan dalam hal pembinaan profesionalisme guru