HUBUNGAN LAMA BERMAIN VIDEO GAME DENGAN NILAI VISUS PADA ANAK USIA SEKOLAH DI TANDIPAU GAME CENTER KOTA PALOPO TAHUN 2017

Authors

  • Hera Wati Ramli STIKes Kurnia Jaya Persada Author

Keywords:

Lama Bermain, Video Game, Nilai Visus, Anak Usia Sekolah

Abstract

Kemajuan iptek juga digunakan di sekolah dasar untuk membantu anak-anak bermain sambil belajar dan inilah yang semakin memicu keingintahuan anak untuk mempelajari berbagai macam teknologi disegala bidang termasuk dalam bidang permainan misalnya video game, tidak sedikit anak-anak yang rela duduk berlama-lama didepan layar monitor untuk sekedar memainkan game kesayangannya, bahkan biasanya sering dijumpai jarak mata dan monitornya cukup dekat. Hal Ini Disebabkan Karena Saraf Baru Akan Bekerja Apabila Terkena Sinar. Jika Mata Digunakan Selama 0,5-7 Jam Tanpa Istirahat Dalam Waktu 1-3 Tahun Mata Akan Mengalami Penurunan Nilai Visus /Tajam Penglihatan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Hubungan Lamanya Bermain Video Game Terhadap Nilai Visus Anak Usia Sekolah Di Tandipau Game Center Kota Palopo Tahun 2017.

Metode Penelitian Yang Digunakan Yakni Analitik Korelatif Dengan Pendekatan Cross Sectional. Uji Hipotesis Penelitian Menggunakan Chi-Square Test. Populasi dan sampel sebanyak 30 orang.

Lama Bermain Video Game Menunjukkan 14 Responden (46,7%) Bermain Dalam Kategori Normal Dan 16 Responden (53,3 %) Dalam Kategori Tidak Normal. Hasil Penelitian Pada Nilai Visus Adalah 24 Responden (80%) Memiliki Visus Normal, 6 Responden (20%) Mengalami Penurunan Visus. Hasil Hipotesis Penelitian Menunjukkan Nilai P-Value = 0,019 (P<0,05). Kesimpulan : Adanya Hubungan Antara Lama Bermain Video Game Dengan Nilai Visus Anak Usia Sekolah Di Tandipau Game Center Kota Palopo Tahun 2017.

Downloads

Published

2018-05-21